Pages

Sunday, November 15, 2009

Utility Sekretariat MNPK

Utility ini dibuat tentu saja custom konsepnya, karena ini hanya merangkum dari kebutuhan yang disampaikan oleh Romo Yatno, Romo Suradi dan Mbak Siti dari MPK Keuskupan Bogor.

Utility ini tidak terlalu rumit karena kebutuhan juga tidak sampai kesana. Point yang ingin dicapai kali ini adalah memberikan image bahwa MPK Bogor sudah selangkah lebih maju dengan digitalisasi data dan proses. Sehingga pelaksanaan MNPK kali ini diusahakan lebih ‘modern’ dari pelaksanaan sebelumnya. Rencana sih.. mau ada hotspot gratis, ada live blog selama pelaksanaan simposium.

Sepenggal cerita utility Sekretariat adalah seperti berikut :

 

Dari judulnya sudah terlihat bahwa utility ini untuk petugas sekretariat, cuman… ya bukan semua tugas sekretariat ada di utility ini. Sekali lagi, ini custom sesuai kebutuhan.

Pekerjaan sekretariat yang ingin dibantu oleh utility ini adalah :

a. Pendaftaran peserta

b. Pencatatan cek – in peserta

c. Pembagian kamar peserta

d. Pengantaran dan penjemputan peserta

e. Registrasi kedatangan peserta

f. Tentu saja ada  laporan-laporan sesusi kebutuhan

Utility didesain multi user karena nantinya disana bakal disediakan 1 server yang bakal mengakomodasi PC di sekretariat dan PC di penerimaan tamu.

Database server memakai MySQL 5.1 yang kebetulan ada di sini. Laporan masih tetep setia dengan Crystal Report 8.x dan sedikit penampakan dari utility tersebut adalah seperti ini :

Sekretariat01

Sekretariat02

Sekretariat03

0 comments:

Post a Comment