Pages

Sunday, November 15, 2009

Software lomba sukses!

Hari ini pelaksanaan terakhir kegiatan lomba komputer tingkat TK – SD secara Nasional. Perasaan hati sudah plong, lega. Tidak ada lagi perasaan kawatir ataupun was-was tiba-tiba ditelpon user atau orang tua user yang menanyakan software lomba.

Beberapa waktu lalu memang ada beberapa orang tua peserta lomba yang telpon. Pertanyaannya kadang kadang bikin panas juga.. tapi tidak banyak juga yang menggelikan. Ada yang tiba-tiba marah-marah.. lho!?. Ada juga yang memang bertanya karena tidak tahu komputer dan cara instalasi.

Oh..yaa… daripada bertanya-tanya.. crita apa seh diatas ini?. Singkatnya adalah seperti berikut :

 

Seperti biasa, beberapa kali pelaksanaan lomba komputer tingkat anak (biasanya dari TK-SD) pasti menggunakan software edutainment. Kebetulan juga software-software tersebut aku yang develop. Bukannya paling jago, tapi memang yang bisa develop disini cuma aku. Mungkin karena yang lain pada tidak mau belajar Macromedia Flash, jadinya pada gak ngerti.

Software lomba tahun ini aku buat pake Macromedia Flash 2 buah, pake Visual Basic 6 ada 2 buah. Total ada 4 game terdiri dari Puzzle, Memory, Typing Master dan MyFirst Disctionary.

a. Puzzle. Ini software biasa, puzzle dengan kontent tentu saja sesuai tema untuk anak-anak. Skenario didesain supaya anak mudah bermain dan mudah dilombakan untuk dicari skor terbaiknya. Develop dengan Macromedia Flash MX.

b. Memory Game. Ini juga software latihan memory untuk anak-anak. Ada 4 gambar yang dirandom tempatnya kemudian dalam sekian detik ditampilkan. Anak diminta menebak posisi yang ditampilkan tadi dalam urutan yang sesuai. Develop dengan Flash MX.

c. Typing Master. Ini aplikasi untuk bermain paling cepat menuliskan frasa / kata menggunakan keyboard. Setiap kata memiliki waktu tampil serta point yang berbeda-beda. Kata yang panjang tentu saja waktu tampilnya lebih lama sekian detik, dengan point yang besar.  Develop dengan VB6.

d. MyFirst Dictionary. Ini aplikasi untuk bermain kamus bahasa Inggris bergambar. Sekian ribu kosa kata dalam bahasa Inggris harus dihapalkan untuk nantinya dilombakan. Anak-anak harus menuliskan kata-kata dalam bahasa Inggris dari gambar yang ditampilkan. Setiap soal memiliki waktu muncul yang berbeda-beda. Develop dengan VB6.

 

Tahun ini, dari mulai produksi saja sudah deg-degan.. Gimana tidak, produksinya di Singapura (perbanyakannya ma vendor yang biasa produksi CD Chip) 5000 biji. Kalau saja sampai ada software yang rusak.. bakalah digantung ma boz!.

Memang setelah didistribusi ada beberapa yang telepon ke nomorku, tapi jumlahnya tidak sampai 20 orang. Sehingga aku ngerasa gak ada masalah di software tahun ini. Yang nelepon juga mayoritas karena tidak tahu cara instalasi atau ada yang masih pake Win.98!!.

Sampai hari ini, terakhir pelaksanaan lomba sudah tidak ada lagi komplain dari user berarti bisa dibilang software ini sukses!. Bagaimana tidak, sekian ribu distribusi.. lomba di 7 kota besar.

Untuk yang minta distribusi software lomba, silahkan saja menghubungi email aku di sn0734 at gmail dot com .

Puzzle01

MyFirst01

Memory01

Dictio01

0 comments:

Post a Comment