Pages

Friday, April 25, 2008

Seminar ICT

Kalau kita baca, dengar dan lihat sekarang ini (lebih tepatnya beberapa tahun terakhir), banyak dibicarakan mengenai ICT. Information and Communication Technologi. Ada beberapa referensi di internet yang menjelaskan terminologi ICT. Pada prinsipnya (menurut hemat Penulis), Informasi yang disebarkan didayagunakan menggunakan alat bantu teknologi komunikasi. Informasi digital, komunikasi data digital.

Tahun 2008 ini, Penulis berkesempatan untuk menjadi pembicara (meskipun sebenarnya Penulis merasa belum memenuhi kapasitas ini) dalam seminar ICT. Positif-nya, menambah pengalaman Penulis dalam soal-soal cuap-cuap berbagi pengalaman.

Seminar pertama dilaksanakan di Padang, Sumatra. Tanggal pelaksanaan 11 April 2008 sampai 13 April 2008 bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Padang. Dihadiri oleh Walikota dan jajaran DikNas kota Padang plus peserta dari Kepala Sekolah SD-SMA di kota Padang. Kurang lebih ada 300 peserta memnuhi ruangan Aula.
Pembicara dalam seminar ini dari DikNas, Walikota, Penulis serta Sponsor (Ion Computer). Penulis membawakan materi mengenai 'Pembelajaran di Era ICT'.

Seminar kedua dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah. Dilaksanakan di Ruang Serbaguna SMA St.Louis tanggal 19 April 2008. Seminar ini terlaksana atas kerjasama MPK KAS Semarang dan BSWGramedia.
Pembicara pertama adalah wakil Rektor salah satu Universitas di Semarang, kemudian Penulis dan Sponsor acara (Axioo Computer). Penulis membawakan materi menganai 'Solusi OpenSource dalam pembelajaran berbasis ICT'

Materi Penulis dari kedua Seminar tersebut akan segera di upload agar bisa disharing dengan rekan-rekan yang lain.

Pengalaman yang bisa diambil dari kedua Seminar tersebut semakin membuka mata bahwa ternyata ditengah gembar gembor ICT saat ini, masih banyak yang belum mengenal apalagi menggunakan konsep-konsep ICT dalam pekerjaan mereka. Banyak diantara rekan kita yang ternyata pengetahuan mengenai ICT juga masih perlu ditingkatkan.
Menurut hemat Penulis, akan lebih baik kebijakan Pemerintah lebih kepada penyiapan SDM untuk menggunakan teknologi ICT. Dengan basic SDM yang mumpuni, implementasi ICT dalam pekerjaan mereka akan lebih cepat dan berhasil baik. Sekarang ini yang Penulis saksikan, user tergagap-gagap dengan teknologi yang ada. Sehingga yang terjadi, perangkat yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal. Itupun masih lebih baik, ada yang bahkan tidak diapa-apakan alias dianggurkan. Gila!.

Menjadi kewajiban kita bersama untuk sama-sama memberikan kontribusi kepada masyarakat luas. Semakin banyak ilmu yang bisa kita sharing ke masyarakat, pasti akan memberikan dampak yang semakin luas dan baik. Semoga.

ictpadang01

ictsemarang01

0 comments:

Post a Comment