Pages

Sunday, November 29, 2009

Bingung $%#^ ahhh

Beberapa hari belakangan ini, aku kepikiran terus soal bibit tanaman. Antara ragu-ragu dan nafsu. Antara nanam Jati Unggul atau Nangka Cempedak (Nangkadak). Antara nanam Nagka Bangkok atau Petai.

 

Kalau liat tanaman Jati yang 3 tahun lalu aku tanam, rasanya ingin sekali nanam lagi bibit Jati Unggul. Biar tambah rapat atau tambah banyak. Dari yang dulu nanam 9 bibit, yang kelihatan bagus hanya 3 pohon saja. Lainnya kurang berkembang karena pohon pisang dan lupa tidak dirawat. Ada yang kerobohan pohon pisang, ada yang ketutupan indukan pisang, bahkan ada yang dicabutin sama yang orang sebelah.

 

Kemarin sempat surver ke Radio Dalam, disana ada bibit Jati Unggul Nusantara yang per-bijinya dijual 12rebu. Pingin sekali beli 8 biji saja. Tapi pas liat di kebon orang yang nanam nangka, jadi pingin juga nanam nagka bangkok. Masak pohon gak begitu besar saja buahnya top banget!. Banyak sekali. Pas nyari-nyari bibit, malah ketemu Nangkadak alias Nangka Cempedak. Nangka bangkok cuma 25 rebu tapi Nangkadak ini sampe 150rebu. Gila!.

 

Kayaknya, petai jadi tersingkirkan dari daftar nominasi. Nominasi utama sekarang adalah Nangka Bangkok dan Jati. Nangka buat ditanama di tanah yang di Jatiraden, jati buat tanah Cilangkap yang terbukti cocok buat tanaman jati.

 

Ehh.. belum ada keputusan beli taneman, pak RT-nya pas ketemu ngomongin pondasi. “Ehh.. lu jadinya mo bayar berapa, jalan di pionggir tanah lu itu khan ama warga minta dipondasi biar jalannya cakep. Nah.. lu punya duit berapa, ntar kurangnya mo dibantuin ma warga.. “, kata RT-nya.

“Sama itu, tanah lu yang dibawah.. gw dah ilang ma Bang Udin, ntar tanah lu geser ke tanah Bang Udin setengah meter biar jalan disamping tanah lu tambah lebar… , kalo punya duit langsung pondasiin saja … “ tambah pak RT.

 

Yaa Alloh… berilah ijin, berilah kelancaran, berilah bantuan supaya apa yang aku rencanakan ini bisa terwujud segera. Amien!.

0 comments:

Post a Comment